Mengajar Perdana


Hari ini, tiba-tiba ponselku berdering. Ada sebuah pesan masuk. Saat kubuka, ternyata yang sms adalah Agus, teman seperkuliahanku. Tanpa pikir panjang, kubaca sms itu. Spontan, mataku membelalak dan mulutku ternganga. Pasalnya, Agus mengirimiku sederetan nama yang diamanahkan mengisi tutorial besok sore jam 4 di ruang perkuliahan. Ternyata diantara banyak nama itu, ada sebuah nama yang tak asing bagiku. Nadia Minangi Dasman. Ya, aku tak menyangka.

Namun aku merasa, inilah sebuah amanah berat sekaligus kesempatan emas yang dititipkan Tuhan padaku. Berdiri di depan seolah kau adalah seorang guru dan mengajari mereka seolah kau tau segalanya tentang kimia. Kesempatan yang tak akan datang pada semua orang, bukan? Membayangkannya saja, membuatku senyum-senyum sendiri.

Malam itu, kukerahkan semua energi yang tersisa untuk membahas soal-soal tahun lalu. Ini menyangkut harga diri, bisik hatiku. Siapapun yang kuajar, aku ingin mempersembahkan yang terbaik bagi mereka. 

Keesokan harinya, tibalah saat itu. Setelah beberapa teman tampil di hadapan adik-adik tingkat 1 membahas beberapa soal, tibalah giliranku. Wah, aku kebagian soal mengenai kepolaran dan bentuk molekul.

Pertama kali menginjakkan kaki di depan kelas, pikiranku seketika blank. Tak tahu apa yang mau kuajarkan? Sensasinya membuyarkan ingatanku. Oh tidak, kembalikan ingatanku. >_<

Betapa beruntungnya aku, adik-adik yang kubimbing begitu baik. Mereka tak marah walau aku tak kompeten. Mereka tak kesal walau aku tak menguasai bidangku sendiri, kimia. Mereka malah membimbingku dengan senyum. Terimakasih, dik. ^_^  

Kakak amat bahagia bisa berbagi dan belajar banyak hal dari kalian. Memandangi senyum kalian, membuat hati kakak terasa hangat. Inikah cinta akan 'mengajar' yang berulangkali dosenku bilang?

Hari ini, aku ingin lebih baik dibanding penampilanku hari ini. Aku akan berusaha melahap konsep kimia itu sebanyak-banyaknya, agar kalian senang dengan kimia, dik. Tunggu ya, sampai saat itu tiba.

Terimakasih untuk hari ini. Kita, luar biasa. ^_^

Komentar

Postingan Populer