Seulas Rasa

Ada hal berbeda yang saya rasakan saat berjumpa dengan anak rohis kampus. Bawaannya hati tentram, adem. Menatap jilbab lebar mereka, pancaran teduh dari wajah mereka, saya rasanya ingin membaikkan diri lagi. Mudah saja menebak seseorang itu baik apa tidak hanya dengan menjawab pertanyaan ini. Bagaimana perasaanmu setelah berbincang dengannya? Bahagiakah? Kacaukah? Kalau bahagia, pertanda bahwa mereka adalah orang-orang baik.

Sekarang, usiamu sudah berapa tahun? Dua puluh satu tahun! Dan memasuki tahun 2017 ini, apakah amalanmu hanya itu-itu saja? Shalat wajib lima waktu plus baca Al-Qur’an. Itu sajakah? Tidakkah kamu rindu shalat di sepertiga malam? Sujud dengan penuh kerendahan pada Allah swt. Berharap Allah ijabah semua doa, harapan, dan impian yang menurut manusia tak masuk akal itu. Tidakkah kamu rindu menunaikan dhuha dua rakaat? Bahkan jika Engkau kerjakan empat rakaat saja, Allah akan janji mudahkan urusanmu di hari itu? Tidakkah kamu rindu dengan majelis ilmu? Yang pada akhirnya memangkas semua argumen bahwa ‘kamu tau banyak’, padahal nyatanya ‘tak tau banyak’.
Ayo baikkan diri, karena Allah amat cinta pada pemuda yang dekat pada Tuhannya. Dekati orang shaleh, ambil banyak dari mereka. Curi ilmu dari siapa saja yang ada di sekitarmu. Karena hidup terlalu singkat hanya untuk dihabiskan dengan kesia-siaan.

Siapa kamu hari ini akan menentukan menjadi siapa kamu besok. Apa yang kamu tanam hari ini, itulah yang kelak akan kamu panen.

Ya Allah, bantu kami untuk senantiasa membaikkan diri. Dekatkan kami dengan orang-orang yang dengannya mendekatkan kami padamu ya Allah. Dekatkan kami dengan orang-orang yang mampu kami dekatkan padamu ya Allah. Dan jauhkan kami dari orang-orang yang dapat menjauhkan kami darimu ya Allah.

Masih banyak do’a, impian, dan harap. Kuatkan kami, Ya Allah.

Komentar

Postingan Populer